BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Berdasarkan pengamatan, saat ini bisnis kafe hot spot semakin
marak saja.
Terutama untuk lingkungan dekat kampus. Bisnis kafe hot spot adalah sebuah bisnis yang menggabungkan antara kafe dan warnet. Perbedaan dengan warnet adalah tarif akses internetnya yang gratis.
Terutama untuk lingkungan dekat kampus. Bisnis kafe hot spot adalah sebuah bisnis yang menggabungkan antara kafe dan warnet. Perbedaan dengan warnet adalah tarif akses internetnya yang gratis.
Pengunjung kafe hot spot cuma diharuskan membeli minimal satu
menu yang
disediakan oleh pengelola kafe hot spot. Menu yang disediakan biasanya beragam
mulai minuman, makanan kecil, atau makanan berat.
disediakan oleh pengelola kafe hot spot. Menu yang disediakan biasanya beragam
mulai minuman, makanan kecil, atau makanan berat.
Dengan alasan tersebut pendirian usaha hot spot ini akan di
serbu
pelanggan, hususnya bagi para kulinier dan pecinta internet, mereka akan
mendapatkan kepuasan yang lebi dari internet dengan menu makanan yang
disediakan, dan lebih dari makanan karena fasilitas internet yang disediakan.
pelanggan, hususnya bagi para kulinier dan pecinta internet, mereka akan
mendapatkan kepuasan yang lebi dari internet dengan menu makanan yang
disediakan, dan lebih dari makanan karena fasilitas internet yang disediakan.
Mungkin dengan pertimbangan lebih praktis bagi pengelolanya.
Tidak
diperlukan keahlian khusus untuk penyediaan menu-menu itu tetapi keuntungan
yang didapatkan sangatlah besar. Biasanya menu yang tersedia hanya kopi, kopi
susu, susu hangat, moca, coklat hangat, mie rebus, dan berbagai makanan atau
minuman lain yang pembuatannya sangat mudah.
diperlukan keahlian khusus untuk penyediaan menu-menu itu tetapi keuntungan
yang didapatkan sangatlah besar. Biasanya menu yang tersedia hanya kopi, kopi
susu, susu hangat, moca, coklat hangat, mie rebus, dan berbagai makanan atau
minuman lain yang pembuatannya sangat mudah.
1.2 Rumusan Masalah
1. Cara membuka usaha Kafe Hot Spot yang
menguntungkan
1.3 Tujuan Penulisan
Untuk
memberikan Informasi bagaimana cara untuk membuka usaha Kafe Hot Spot yang
menguntungkan.
BAB II
ISI
1.
Cara membuka usaha Kafe Hot Spot yang
menguntungkan
Modal Usaha
Usaha kafe
hot spot ini adalah milik sendiri, modal awalnya adalah 8.000.000,-. Sumber modal ini di dapat dari pinjaman kepada bank 50% dengan bunga 10 %, dan yang 50% lagi adalah modal milik sendiri.
Kemudian modal tersebut digunakan untuk membeli peralatan dan perlengkapan serta fasilitasfasilitas kafe., seperti halnya usaha lain usaha
ini memiliki perencanaan baik dari segi, SDM, pemasaran, produksi dan keuangannya.
Usaha ini
didirikan dikawasan kota yang letaknya strategis dan dekat dengan sekolah-sekolah
bahkan juga banyak lingkungan usaha disekitarnya yang dipastikan akan sangat
memerlukan akses internet, gedung dan tanah ini kami sewa dengan harga
Rp250.000 / bulan, dengan biaya sewa air dan listrik sendiri, karena latar
belakangusaha ini adalah menyediakan fasilitas internet sekaligus menyediakan
makanan, maka suasana lesehan akan lebih menyamankan konsumen.
TenagaKerja
Bisnis ini adalah milik sendiri, adapun tenaga kerja yang di gunakan hanya 2 orang yang merupakan lulusan SMK jurusan IT,, dengan seleksi yang sederhana dan tdak memerlukan biaya. Pelatihan tenaga kerja tersebut adalah dengan memberikannya tutorial aplikasi computer dan pengenalan beberapa softwere dan hardware.
Bisnis ini adalah milik sendiri, adapun tenaga kerja yang di gunakan hanya 2 orang yang merupakan lulusan SMK jurusan IT,, dengan seleksi yang sederhana dan tdak memerlukan biaya. Pelatihan tenaga kerja tersebut adalah dengan memberikannya tutorial aplikasi computer dan pengenalan beberapa softwere dan hardware.
Ini
bertujuan supaya karyawan bias mengatasi masalah konsumen dikala ada kesalahan atau masalah dalam menggunakan internet,
Untuk pelatihan pembuatan kopi dan menu makanan lainnya dengan memberikannya cara membuat dan menyajikan makanan, karena prosen pembuatan dan penghidangan makanan ini sangtlah sederhana, jadi cukup dengan petunjuk dari buku-buku yang bersangkutan mengenai cara dan sopan santunnya.
Kompensasi dari masing-masing tenaga kerja tersebut adalah Rp. 700.000,- juga kami berikan fasilitas makan. Semua tenaga kerja diberikan fasilitas dan kompensasi yang sama, karena tidak ada posisi atatau hirarki yang signifikan, semua pekerja adalah karyawan.
Kompensasi dari masing-masing tenaga kerja tersebut adalah Rp. 700.000,- juga kami berikan fasilitas makan. Semua tenaga kerja diberikan fasilitas dan kompensasi yang sama, karena tidak ada posisi atatau hirarki yang signifikan, semua pekerja adalah karyawan.
Proses pelatihan tenaga kerja itu sendiri dilakukan sebelun aktif selama 1 minggu dan kemudian pelatihan dilahsanakan 3 bulan 1 X seiring dengan perjalanan usaha.
Pelatihan rutin ini sangat diperlukan karena harus adanya inovasi yang membangkitkan vrekuensi konsumen dalam menikmati beberapa fasilitas yang disediakan.
Dengan demikian konsumen yang pernah mampir ke tempat usaha ini akan jadi pelanggan tetap, selanjutnya akan mempermudah dalam proses promosi dan mempertahankan pendapatannya.
Karyawan
saat bekerja diharuskan memakai pakaian yang sopan dan enak di pandang, untuk menarik beberapa calon pelanggan yang datang.
Walaupun tidak memakai seragam namun kami sediakan initial pada topi dan bajunya.mungkin
dengan ini daya tarik yang ada dalam individu karyawan mampu mengundang banyak calon pelanggan.
Usaha
pengoptimalan sumberdaya manusia pun di sediakan dengan pelatihan husus berkaitan dengan materi pemasaran. Selain itu kami juga memberikan kompensasi berupa liburan bagi setiap karyawan dalam jangka waktu 6 bulan 1 kali. Ini diberikan sebagai balas jasa yang lebih selain daripada
gaji.
Karena prinsip pemeliharaan karyawan juga mengutamakan kenyamanan dan
kepuasan karyawan supaya akan optimal juga dalam menjalankan pekerjaannya.
kepuasan karyawan supaya akan optimal juga dalam menjalankan pekerjaannya.
Keuangan
Modal yang
digunakan adalah modal 50% milik Sendiri dan 50% modal asing Dengan bunga 10%,
usaha milik sendiri ini modal
pertamanya adalah sebesar Rp.
8.000.000,- yang dibagi masing-masing modal sendiri Rp. 4.000.000 dan modal
asing Rp. 4.000.000,- adapun modal tersebut digunakan untuk membeli
1. Peralatan
- Memakai speedy unlimited (pemakaian tak
terbatas) biayanya Rp. 750.000,-
dengan pendaftaran Rp. 100.000,
- Cangkir dan piring Rp. 500.000,-
- Meja kecil lesehan volume 4 orang, 10
paket @ Rp.100.000,-
- Meja receptionis 1 paket Rp. 200.000,-
Jumlah
pembelian peralatan : Rp. 2.550.000,-
2. Perlengkapan
- Tikar lesehan 10 buah @ 50.000,-
- bahan baku makanan kafe, kopi snack dll
Rp. 1.000.000,-
Jumlah
pembelian perlengkapan : Rp. 1.500.000,-
3. Biaya Penyusutan Rp.2.000.000,-,- selama 1
tahun
4. Gaji 2 orang @ Rp 700.000,-. / bulan
5. Biaya listrikdan air Rp. 300.000,- / bulan
6. Tambahan bahan makanan : Rp. 500.000,- /
bulan
7. Rekreasi karyawan 500.000,- 2X
8. Sewa gedung Rp. 250.000,- / bulan
9. Pajak 10%
Dengan
perincian diatas dapat dihitung perkiraan pendapatan bisnis ini dalam jangka
waktu 1 bulan, Usaha kecil ini tidaklah memerlukan perincian yang rumit, oleh
karena itu akan lebih jelas tergambarkan pendapatan dalam jangka waktu 1 bulan.
Operasional
Kegitan
oprasional Usaha ini dilakukan ditempat sendiri, karena produk makanan ini akan
dibuat jika ada pelanggan yang dating, pelanggan juga akan dikenakan biaya
tambahan sebesar Rp. 1.000,- / orang,
maka pross
pengerjaannya adalah dengan melayani jika ada pelanggan yang memesan, Proses pelayanannya sendiri dilakukan oleh 2
orang karyawan yang dipekerjakan secara
bersamaan, tempat bahan minuman kopi ada di dapur, nasi dll di sebelah
recaptionis yang rencananya adalah penulis sendiri yang menjadai manajer
sekaligus recetionis dan kasir, adapun jka ada pelanggan yang memesan makana
maka akan dilayani oleh karyawan.
Pembuatan
kopi akan dilakukan karyawan setelah menanyakan minuman, makanan atau snack apa
yang akan di pesannya, penyajian hidangan pada cangkir dan piring yang telah
disediakan dan dikemas dengan menarik. Karyawan juga akan melayani pelanggan
jika dalam proses pelayanan internet mengalami masalah, dengan demikian waktu
kerja karyawan akan lebih bermanfaat.
Pelayanan
yang kami sediakan seperi layaknya kafe-kafe pada umumnya, namun dengan
pelayanan penyediaan internet ini pelanggan akan merasakan kepuasan dan akan
membagi kepuasan pelayanan penyediaan makanan dan penyediaan hot spotnya, maka
pada saat pelanggan berkunjung akan mendapatkan kenikmatan ganda.
Penyediaan
menunya sendiri terdiri dari beberapa fariasi dari mulai hanya jasa internet
sampai paket pemesanan menunya.
Strategi Promosi dan Pemasaran
Kafe hot
spot ini mengutamakan pelayanan jasa, promosi yang dilakukan adalah dengan
membuat brosur yang kemudian disebarkan ke beberapa sekolah dan instansi,
selain itu juga kita akan menyediakan iklan pada internet baik melalui iklan
umum maupun jejaring social seperti facebook dll.
Penentuan
konsumen ini kami perkiraan antara pelajar, pekerja dan masyarakat umum yang
sekedar ingin kopi dan ngobrol bersama teman-temannya, akan lebih nyaman karena
tempat usaha ini lesehan yang mana para pelanggan akan merasa nyaman bergerak
dengan menikmati rokok, kopi, snack dan makanan.
Namun trik
pemasaran juga telah di persiapkan seperti menggunakan beberapa konsep bauran
promosi, manfaatnya dengan mengoptimalkan proses promosi maka akan lebi mudah
juga dalam memasarkan produk usaha ini,
Kita akan coba semua teori tentang bauran
promosi, dan kemudian akan kami seleksi cara yang mana yang lebih efektif dan
efisien. Adapun jenis bauran promosi tersebut antara lain :
• Periklanan (Advertising):
Merupakan
alat utama bagi pengusaha untuk mempengaruhi konsumennya. Periklanan ini dapat
dilakukann oleh pengusaha lewat surat kabar, radio, majalah, bioskop, televisi,
ataupun dalam bentuk poster-poster yang dipasang dipinggir jalan atau
tempat-tempat yang strategis.
• Penjualan Pribadi (Personal selling):
Merupakan
kegiatan perusahaan untuk melakukan kontak langsung dengan calon konsumennya. Dengan
kontak langsung ini diharapkan akan terjadi hubungan atau interaksi yang
positif antara pengusaha dengan calon konsumennya itu.
Yang
termasuk dalam personal selling adalah: door to door selling, mail order,
telephone selling, dan direct selling.
• Promosi Penjualan (Sales Promotion):
Merupakan
kegiatan perusahaan untuk menjajakan produk yang dipasarkarlnya sedemikian rupa
sehingga konsumen akan mudah untuk melihatnya dan bahkan dengan cara penempatan
dan pengaturan tertentu, maka produk tersebut akan menarik perhatian konsumen.
Selain itu
juga menggunakan penelitian pemasaran seperti :
1. Pasar sasaran,
2. Kebutuhan pelanggan dalam kafe,
3. Pemasaran yang terkoordinir
4. Keuntungan.
5. Memenuhi kebutuhan dengan menguntungkan
6. Menemukan keinginan dan memenuhinya
7. Mencintai pelanggan bukan produknya
8. Mendapatkan sesuai kesukaan
9. Berusaha sekuat tenaga memberikan nilai, mutu
dan kepuasan tertinggi
bagi uang pelanggan.
BAB III
PENUTUP
·
Kesimpulan
Jenis usaha
yang akan didirikan adalah menyediakan
pelayanan internet, namun yang utama dalam penjualannya adalah penjualan
minuman, snack dan makanan seperti halnya kafe-kafe lain, namun nilai tambah
pelayanan internet akan membuat daya tarik tersendiri dalam menggaet para
pelanggan.
Dengan
beberapa bauran promosi dan meneliti indikasi faktor pemasaran usaha seperti
ini yang baik, jaringan yang luas serta didukung dengan produk yang sederhana
namun akan memberikan lebik dari sekedar kenyamanan, maka dipastikan usaha ini
layak dan akan jelas kelangsungan hidup usahanya.
·
Daftar Pustaka
-
http://adaddanuarta.blogspot.com/2011/03/makalah-usaha-kafe-hot-spot.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar