Sabtu, 03 Januari 2015

Usaha Barbershop

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.   Latar Belakang

Siapa bilang pria tidak mengikuti tren gaya penataan rambut? Zaman sekarang banyak pria, terutama anak muda yang menaruh perhatian lebih pada rambut. Keadaan ini dapat dimanfaatkan untuk membuka usaha barbershop.

Bila kita sadari, pria tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk mencukur rambutnya, tidak seperti perempuan yang memiliki rambut panjang maka pria akan lebih sering memangkas rambutnya.

Saat ini barbershop juga memiliki beberapa segmen, mulai dari tukang cukur bawah pohon sampai dengan barbershop mewah ditengah kota, untuk mereka yang berkantong tebal pasti akan mencari barbershop yang didukung fasilitas dan interior yang nyaman, mereka tidak ambil pusing pada tarif yang diberikan.

1.2.   Rumusan masalah

       A.      Cara membuka usaha Barbershop yang menguntungkan

1.3.   Tujuan penulisan

Untuk memberikan Informasi bagaimana cara untuk membuka usaha Barbershop yang menguntungkan


BAB II
ISI

Barbershop ialah salon tapi khusus untuk para lelaki. Bukan hanya perempuan saja yang selalu memperhatikan penampilan, tapi laki-laki juga membutuhkan penampilan oke juga. Mulai dari potong rambut, cuci rambut, pijat dan perawatan yang lain yang sesuai dengan kebutuhan laki-laki.

Kebanyakan para lelaki malu masuk ke salon-salon yang biasa soalnya takut di bilang feminim, maklum juga disalon tersebut kebanyakan pengunjungnya perempuan. Konsumen Target pasar usaha salon khusus laki – laki “ barbershop ” lebih jelas dan spesifik. Jasa ini khusus ditujukan bagi kaum hawa yang membutuhkan penampilan oke. Dari mulai anak – anak, pelajar, mahasiswa, remaja, lelaki dewasa, bapak – bapak dan kakek – kakek menjadi konsumen utama bisnis ini.

A.     Cara membuka usaha Barbershop yang menguntungkan

Memulai usaha

Untuk memulai usaha ini, terlebih dahulu saya perlu menghitung modal yang dibutuhkan untuk menyewa/membeli tempat usaha, peralatan untuk cukur dan juga biaya untuk membuat interior agar terasa lebih nyaman. Kemudian mencari tenaga kerja yang memiliki kemampuan yang baik dibidang ini. Selain itu lokasi juga sangat berpengaruh dengan kesuksesan suatu usaha, maka saya memilih tempat-tempat keramaian yang biasanya digunakan anak muda untuk menghabiskan waktu, seperti kemang contohnya.

Analisis

Perkiraan modal awal:

   Penyewaan tempat:              : Rp 60.000.000,-/tahun
   Beli peralatan                       : Rp 5.700.000,-
   Interior                                : Rp 8.000.000,-   +
   Jumlah                                 : Rp 73.700.000,-

Perkiraan pendapatan per bulan:

   Tarif yang dikenakan adalah Rp 25.000.000,- dan diperkirakan dalam satu hari akan dikunjungi sekitar 80 pelanggan. Sistem penggajian adalah komisi, untuk setiap potong pegawai akan mendapatkan Rp 5000,- ditambah tip apabila pelanggan memberikan.

   Pangkas Rp 25.000,- X 80             : Rp 2.000.000,-/hari

   1 bulan Rp 2.000.000,- X 30 hari   : Rp 60.000.000,-

Perkiraan pengeluaran per bulan:

   Gaji pegawai Rp 5000,- X 80          : Rp 400.000,-

   1 Bulan Rp 400.000,- X 30 hari       : Rp 12.000.000,-
   Listrik                                              : Rp 700.000,-
   Bahan perawatan rambut                  : Rp 100.000,-
   Iuran                                                : Rp 50.000,-         +
   Jumlah                                              : Rp 12.850.000,-

   Pendapatan per bulan                       : Rp 60.000.000,-
   Pengeluaran per bulan                      : Rp 12.850.000,-   -
   Jumlah                                             : Rp 47.150.000,-

Sehingga dalam sebulan di perkirakan akan mendapat keuntungan sebesar Rp 47.150.000,- maka dalam 2 bulan modal awal yang dikeluarkan bisa kembali.

Strategi pemasaran

Karena sasaran pelanggannya adalah anak muda, saya akan memanfaatkan media sosial untuk pemasaran barbershop ini, mulai dari twitter, instagram dan juga facebook. Selain itu saya akan mencoba mengundang artis atau publik figur untuk mencoba memangkas rambutnya disini, biasanya cara itu dapat membuat usaha semakin dikenal di masyarakat, dan saya juga akan membuat kartu member yang dimana member yang sudah terdaftar dapat mendapat mengikuti promo-promo yang nantinya akan dibuat, untuk member juga akan mendapat gratis 1 kali cukur apabila sudah 10 kali cukur.

Perekrutan tenaga kerja

Tenaga kerja sangat penting dalam dunia bisnis, karena merekalah yang langsung bertatap muka dengan pelanggan, sehingga dibutuhkan tenaga kerja yang baik dalam melayani pelanggan. Dalam perekrutan tenaga kerja, saya ingin calon tenaga kerja sudah memiliki pengalaman di bidang ini. Strategi penggajian dengan cara komisi sangat membantu dalam menjaga kinerja pegawai, karena biasanya pelanggan barbershop memiliki tukang cukur 'favorit' untuk mengurus rambutnya, semakin baik servis pegawai maka akan semakin banyak pula pelanggannya, semakin banyak pelanggan jelas akan mempengaruhi pendapatan si pegawai. Sehingga pegawai akan berlomba-lomba mencari pelanggan setia.

BAB III
PENUTUP


·         Kesimpulan

Kesimpulannya bahwa, dalam menjalankan bisnis Barbershop ini bisa dipastikan akan menguntungkan di karenakanmulai dari mulai anak – anak, pelajar, mahasiswa, remaja, lelaki dewasa, bapak – bapak dan kakek – kakek menjadi konsumen utama bisnis ini, tidak hanya itu menjalankan bisnis ini tidak akan mati karena orang ingin tampil se oke mungkin dalam berpenampilan terutama rambut.

·         Daftar Pustaka

-          http://ariefputramulia.blogspot.com/2013/10/perencanaan-usaha-barbershop.html









Tidak ada komentar:

Posting Komentar