BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Seiring
dengan berkembangnya mode berpakaian, para anak muda berusaha
untuk
tidak ketinggalan jaman dalam hal berpakaian dengan mengikuti mode yang
sedang
menjadi tren, dengan berpakaian unik dan kreatif. Dalam memulai bisnis
distro
perlu kegigihan, pantang menyerah dan jeli dalam memanfaatkan peluang.
Kendala
terbesar di sektor produksi. Pebisnis distro harus membangun jaringan dan
brand
awareness ke customer. Usaha distro harus dikelola secara profesionalisme,
kalau
tidak kebangkrutan akan segera dating. Salah satu keunikan distro adalah
desain
kaos-kaos mereka yang “khas distro”: keren, special, unik, lucu dan berkelas.
Selain
itu untuk menjaga keunikannya, desain kaos mereka tidak diproduksi secara
masal,
melainkan hanya dalam hitungan ratusan atau bahkan maksimum 100
potong
per model.
1.2
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana cara memulai dan menjalankan bisnis distro ?
2.
Bagaimana konsep pemasaran dalam bisnis distro ?
3.
Bagaimana cara untuk meningkatkan mutu barang dan penjualan ?
4.
Bagaimana cara memasarkannya, taktik pemasarannya serta marketing mixnya ?
1.3 Tujuan Penulisan
usaha distro merupakan usaha yang
cukup menjanjikan di tengah perkembangan mode berpakaian anak muda jaman
sekarang. Selain itu usaha ini tidak begitu sulit bagi mereka yang memiliki
kreatifitas dan berusaha menuangkan idenya lewat model-model dan gambar-gambar
pakaiannya.
BAB II
ISI
Distro adalah suatu tempat yang
biasanya menjual pakaian, sepatu, celana, dan aksesoris yang biasanya mengikuti
perkembangan mode dan kebanyakan konsumennya adalah anak muda. Hal yang perlu
diperhatikan dalam menjalankan bisnis distro adalah sebagai berikut:
1.
Bagaimana cara memulai dan
menjalankan bisnis distro ?
Dalam
memulai bisnis distro kita harus mencari tempat yang strategis, karena sebagian
konsumennya adalah anak muda maka sebaiknya distro dibangun atau didirikan di
tempat yang biasa anak muda sering berkumpul. Dengan cara ini tentu distro yang
didirikan akan menarik perhatian bagi para anak muda tersebut dan kemudian
mengunjungi distro tersebut. Selain dengan cara tersebut, orang banyak menggunakan
internet untuk mempromosikan distronya. Blog dan situs pertemanan sering
digunakan untuk memperkenalkan distro yang dia dirikan kepada orang-orang.
Selain itu mempromosikan melalui mulut ke mulut juga cukup efektif.
2.
Bagaimana konsep pemasaran dalam
bisnis distro ?
Dalam
memasarkan barang, harganya harus disesuaikan dengan kantong dari konsumennya.
Tetapi meskipun biasanya barang-barang yang di jual di distro harganya lumayan
mahal, tetapi tetap saja tidak mengurangi minat para anak muda untuk membeli
pakaian, celana, atau aksesoris yang mereka gunakan di distro. Memang gengsi di
antara kalangan anak muda mempengaruhi hal tesebut, tetapi model dan kualitas
barang-barang yang ada di distro sangat sesuai dengan selera para anak muda,
sehingga mereka tetap membeli barang-barang yang ada di distro meskipun
harganya mahal.Akan tetapi pemilik distro harus memperhatikan kualitas dari
barang yang dijualnnya, agar harga yang para konsumen bayar sesuai dengan
kualitas barang yang mereka beli.
3.
Bagaimana cara untuk meningkatkan
mutu barang dan penjualan ?
Dalam
meningkatkan mutu barang atau produk, harus menggunakan bahan yang berkualitas
bagus dan Dan model pakaian yang dijual di distro harus mengkuti perkembangan
tren masa kini. Karena anak-anak muda biasanya tidak mau ketinggalan dalam hal
berpakaian, mereka selalu berusaha mengikuti tren masa kini. Seperti model
gambar pada baju misalnya,biasanya distro menjual baju-baju dengan
gambar-gambar artistik yang sangat bagus dan digemari anak-anak muda.
4.
Bagaimana cara memasarkannya, taktik
pemasarannya serta marketing mixnya ?
Pemasaran
1. Melakukan iklan-iklan di dunia
internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
2. Menjalankan strategi pemasaran
menggunakan teman sebagai media prantara.
3. Mempromosikan melalui temen-teman
dekat.
4. Membuat brosur yang bisa di tempel
dimana saja.
5. Bekerja sama dengan toko sepatu
lainnya hanya sekedar menitipkan barang dagangan.
Taktik Pemasaran
- Differensiasi produk
Selain menggunakan bahan yang
berkualitas bagus, D’Maddy Distro juga melayani pemesanan melalui internet.
Selain differensiasi produk berdasarkan media jenis baju, distro ini juga menggunakan bahan yang
berkualitas tinggi dan gambar yang beraneka ragam yang tidak mudah rusak
ataupun luntur.
Marketing Mix
-
Produk
Dalam penetapan produk, kami sangat
peduli dengan semua yang berkaitan
dengan produk yang di hasilkan. Hal ini terlihat dari pemilihan bahan, gambar,
maupun pembuatan bajunya tersebut secara langsung sehingga kami selalu
menghasilkan produk yang berkualitas. Produk yang kami tawarkan pun beragam
modelnya.
-
Service
Pelayanan ( baik dalam proses jual
maupun purna jual ) juga merupakan salah satu indikator yang menyatakan bahwa
suatu bisnis sangat me-raja-kan konsumen dan tetap mengutamakan kepuasan
konsumen agar mereka menjadi loyal dan diharapkan menjadi pelanggan tetap.
Berikut adalah bentuk service /
pelayanan yang kami berikan kepada konsumen :
1. Memberlakukan sistem retur (
pengembalian ) yang dikarenakan masalah teknis
seperti
salah ukuran .
2. Memberikan sistem
diskon untuk pembelian dalam jumlah tertentu.
3. Memberlakukan sistem
pembayaran dimuka yang disesuaikan.
4. Pemesanan produk bersifat
customized atau sesuai keinginan konsumen baik model
maupun gambar.
5. Pemesanan yang fleksibel melalui
intenet, sms dan telefon.
6. Hotline dalam bentuk sms maupun
telefon.
-
Place
Selain membuka usaha toko di dekat
rumah , kami juga menjual baju distro via internet yaitu dengan menggunakan
website dan situs jejaring social facebook sehingga jangkauan pemasaran kami
sangat luas, mencakup pasar domestic dan luar negri.
-
Brand
Brand / Merk adalah sesuatu yang
menjadi ujung tombak yang akan memberikan kesan ( image ) pertama kali kepada
konsumen dan merupakan hal yang akan pertama kali dingat oleh konsumen selain
hal lainnya. Tentu saja pemberian merek harus yang mudah diingat dan mudah
diucapkan oleh konsumen.
BAB III
PENUTUP
·
Kesimpulan
Usaha
distro merupakan usaha yang menguntungkan bagi yang dapat
mengelolanya
dengan baik, selain itu bagi orang-orang dengan kreatifitas yang
tinggi
dan pergaulan yang luas sangat cocok menjalankan bisnis ini karena benar benar sangat
menjanjikan.
·
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar