Sabtu, 03 Januari 2015

Usaha Distro


BAB I
PENDAHULUAN


1.1    Latar Belakang

Seiring dengan berkembangnya mode berpakaian, para anak muda berusaha
untuk tidak ketinggalan jaman dalam hal berpakaian dengan mengikuti mode yang
sedang menjadi tren, dengan berpakaian unik dan kreatif. Dalam memulai bisnis
distro perlu kegigihan, pantang menyerah dan jeli dalam memanfaatkan peluang.
Kendala terbesar di sektor produksi. Pebisnis distro harus membangun jaringan dan
brand awareness ke customer. Usaha distro harus dikelola secara profesionalisme,
kalau tidak kebangkrutan akan segera dating. Salah satu keunikan distro adalah
desain kaos-kaos mereka yang “khas distro”: keren, special, unik, lucu dan berkelas.
Selain itu untuk menjaga keunikannya, desain kaos mereka tidak diproduksi secara
masal, melainkan hanya dalam hitungan ratusan atau bahkan maksimum 100
potong per model.


1.2    Rumusan Masalah
1. Bagaimana cara memulai dan menjalankan bisnis distro ?
2. Bagaimana konsep pemasaran dalam bisnis distro ?
3. Bagaimana cara untuk meningkatkan mutu barang dan penjualan ?
4. Bagaimana cara memasarkannya, taktik pemasarannya serta marketing mixnya ?

1.3  Tujuan Penulisan

usaha distro merupakan usaha yang cukup menjanjikan di tengah perkembangan mode berpakaian anak muda jaman sekarang. Selain itu usaha ini tidak begitu sulit bagi mereka yang memiliki kreatifitas dan berusaha menuangkan idenya lewat model-model dan gambar-gambar pakaiannya.




BAB II
ISI

Distro adalah suatu tempat yang biasanya menjual pakaian, sepatu, celana, dan aksesoris yang biasanya mengikuti perkembangan mode dan kebanyakan konsumennya adalah anak muda. Hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis distro adalah sebagai berikut:

1.      Bagaimana cara memulai dan menjalankan bisnis distro ?

Dalam memulai bisnis distro kita harus mencari tempat yang strategis, karena sebagian konsumennya adalah anak muda maka sebaiknya distro dibangun atau didirikan di tempat yang biasa anak muda sering berkumpul. Dengan cara ini tentu distro yang didirikan akan menarik perhatian bagi para anak muda tersebut dan kemudian mengunjungi distro tersebut. Selain dengan cara tersebut, orang banyak menggunakan internet untuk mempromosikan distronya. Blog dan situs pertemanan sering digunakan untuk memperkenalkan distro yang dia dirikan kepada orang-orang. Selain itu mempromosikan melalui mulut ke mulut juga cukup efektif.


2.      Bagaimana konsep pemasaran dalam bisnis distro ?

Dalam memasarkan barang, harganya harus disesuaikan dengan kantong dari konsumennya. Tetapi meskipun biasanya barang-barang yang di jual di distro harganya lumayan mahal, tetapi tetap saja tidak mengurangi minat para anak muda untuk membeli pakaian, celana, atau aksesoris yang mereka gunakan di distro. Memang gengsi di antara kalangan anak muda mempengaruhi hal tesebut, tetapi model dan kualitas barang-barang yang ada di distro sangat sesuai dengan selera para anak muda, sehingga mereka tetap membeli barang-barang yang ada di distro meskipun harganya mahal.Akan tetapi pemilik distro harus memperhatikan kualitas dari barang yang dijualnnya, agar harga yang para konsumen bayar sesuai dengan kualitas barang yang mereka beli.

3.      Bagaimana cara untuk meningkatkan mutu barang dan penjualan ?

Dalam meningkatkan mutu barang atau produk, harus menggunakan bahan yang berkualitas bagus dan Dan model pakaian yang dijual di distro harus mengkuti perkembangan tren masa kini. Karena anak-anak muda biasanya tidak mau ketinggalan dalam hal berpakaian, mereka selalu berusaha mengikuti tren masa kini. Seperti model gambar pada baju misalnya,biasanya distro menjual baju-baju dengan gambar-gambar artistik yang sangat bagus dan digemari anak-anak muda.



4.      Bagaimana cara memasarkannya, taktik pemasarannya serta marketing mixnya ?

Pemasaran

1.      Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
2.      Menjalankan strategi pemasaran menggunakan teman sebagai media prantara.
3.      Mempromosikan melalui temen-teman dekat.
4.      Membuat brosur yang bisa di tempel dimana saja.
5.      Bekerja sama dengan toko sepatu lainnya hanya sekedar menitipkan barang dagangan.

Taktik Pemasaran

-          Differensiasi produk
Selain menggunakan bahan yang berkualitas bagus, D’Maddy Distro juga melayani pemesanan melalui internet. Selain differensiasi produk berdasarkan media jenis baju,  distro ini juga menggunakan bahan yang berkualitas tinggi dan gambar yang beraneka ragam yang tidak mudah rusak ataupun luntur.

Marketing Mix

-          Produk

Dalam penetapan produk, kami sangat peduli dengan semua  yang berkaitan dengan produk yang di hasilkan. Hal ini terlihat dari pemilihan bahan, gambar, maupun pembuatan bajunya tersebut secara langsung sehingga kami selalu menghasilkan produk yang berkualitas. Produk yang kami tawarkan pun beragam modelnya.

-           Service

Pelayanan ( baik dalam proses jual maupun purna jual ) juga merupakan salah satu indikator yang menyatakan bahwa suatu bisnis sangat me-raja-kan konsumen dan tetap mengutamakan kepuasan konsumen agar mereka menjadi loyal dan diharapkan menjadi pelanggan tetap. Berikut adalah bentuk service / pelayanan yang kami berikan kepada konsumen :

1.      Memberlakukan sistem retur ( pengembalian ) yang dikarenakan masalah teknis
seperti salah ukuran .
2. Memberikan sistem diskon untuk pembelian dalam jumlah tertentu.
3. Memberlakukan sistem pembayaran dimuka yang disesuaikan.
4. Pemesanan produk bersifat customized atau sesuai keinginan konsumen baik model   
    maupun gambar.
5. Pemesanan yang fleksibel melalui intenet, sms dan telefon.
6. Hotline dalam bentuk sms maupun telefon.
   
-     Place

Selain membuka usaha toko di dekat rumah , kami juga menjual baju distro via internet yaitu dengan menggunakan website dan situs jejaring social facebook sehingga jangkauan pemasaran kami sangat luas, mencakup pasar domestic dan luar negri.

-          Brand

Brand / Merk adalah sesuatu yang menjadi ujung tombak yang akan memberikan kesan ( image ) pertama kali kepada konsumen dan merupakan hal yang akan pertama kali dingat oleh konsumen selain hal lainnya. Tentu saja pemberian merek harus yang mudah diingat dan mudah diucapkan oleh konsumen.


BAB III
PENUTUP

·         Kesimpulan

Usaha distro merupakan usaha yang menguntungkan bagi yang dapat
mengelolanya dengan baik, selain itu bagi orang-orang dengan kreatifitas yang
tinggi dan pergaulan yang luas sangat cocok menjalankan bisnis ini karena benar benar sangat menjanjikan.

·         Daftar Pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar