Senin, 30 Oktober 2017

Tugas Softskill ( Diary 3 dan Pentingnya Etika profesi dalam kehidupan sehari hari )

Selasa Tanggal 24 Oktober 2017
 
       Pada Hari ini saya bangun tidur sekitar jam setengah 6 pagi, lalu setelah itu saya sholat subuh dahulu sebelum mengerjakan aktivitas yang lain. Setelah itu saya membuat sarapan, setelah itu saya mempersiapkan apa yang perlu di bawa untuk ke kampus. Saat perjalanan menuju kampus saya melihat adanya pelanggaran yaitu seorang pejalan kaki yang seenaknya menyebrang di perempatan caman, padahal saat itu lampu lalu lintas sedang hijau. Itu bisa berakibat pejalan kaki tersebut tertabrak, dan juga membahayakan pengendara yang sedang melintas. Seharusnya pejalan kaki tersebut menunggu lampu lalu lintas berubah merah dahulu.
   
        Lalu saat sudah hampir sampai di kampus j1 tepatnya berada di perempatan galaxy ada seorang pengendara sepeda motor yang dari jalur sebelah kiri tiba tiba berbelok ke arah kanan menuju arah galaxy itu sebuah pelanggaran karena mengagetkan pengendara lain. Itu dapat terjadinya tabrakan. Seharusnya pengendara tersebut tidak langsung berbelok ke kanan seharusnya dia pelan-pelan mengambil jalur tengah baru jalur kiri dan belok.
         
         Saat di kampus sekita pukul 09.00 wib, saya mengikuti perkuliahan dari jam 10.00 pagi sampai jam set 5 sore. Setelah pulang saat perjalanan menuju ke rumah tepatnya di jalan jatibening, banyak sekali pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm itu merupakan pelanggaran karena helm itu wajib. Itu salah karena pengendara tersebut tidak mematuhi peraturan lalu lintas yaitu menggunakan helm saat berkendara sepeda motor. Seharusnya pengendara tersebut mematuhi peraturan lalu lintas yang telah di buat. Sesampainya di rumah saya tidak melihat adanya pelanggaran lagi, sampai larut malam pun datang dan akhirnya saya tidur.

Rabu Tanggal 25 Oktober 2017
       
Pada hari ini saya terbangun dari tidur saya pada pukul set 6 pagi, lalu setelah itu sholat subuh dahulu sebelum menjalankan aktvitas yang lain. Hari ini saya ingin menuju ke kampus D di depok karena ada keperluan di sana dan juga ada kelas pengganti di kampus J1, saya berangkat dari rumah sekitar pukul 8 pagi, saat perjalan tidak ada hal yang terjadi namun sampai di depan Kampus E di kelapa dua terjadi kemacetan yang sangat panjang itu di karenakan mobil angkot yang berhenti di tengah jalan ( mengetem ), itu berakibat para pengguna jalan yang lain / pengendara yang lain menjadi berhenti dan mengakibatkan kemacetan yang cukup panjang, seharusnya pengemudi angkot tersebut tidak berhenti seenaknya di tengah jalan.
       
Saat sampai di Kampus D saya menyelesaikan urusan yang harus di selesaikan, setelah selesai saya berangkat menuju kampus J1 sekitar pukul jam 11 siang, saat di perjalanan lagi-lagi terjadi pelanggaran di depan kampus E namun kali ini bukan angkot melainkan pengendara motor dan mobil yang tiba – tiba berbelok ke kiri atau masuk ke kampus E tanpa adanya sein ke kiri dari para pengendara tersebut, itu bisa berakibat terjadinya tabrakan karena pengendara tersebut yang tiba- tiba berbelok tanpa memberikan tanda. Seharusnya para pengendara tersebut menyalakan lampu sein agar pengendara yang di belakang tahu di akan berbelok.
       
Setelah itu tidak ada pelanggaran yang terjadi lagi saat saya sampai di Kampus J1, setelah saya mengikuti kelas pengganti saya memutuskan untuk pulang, saat perjalan pulang tidak ada hal yang terjadi di jalan saat saya menuju rumah. Saat sampa rumah pun tidak ada hal yang terjadi, lalu saya pun tidur karena sudah larut malam.

Kamis Tanggal 26 Oktober 2017
       
Pada hari ini saya bangun dari tidur saya sekitar pukul 5 pagi lalu saya langsung sholat subuh, setelah sholat subuh saya tidur kembali, dan terbangun pukul set 8 pagi. Setelah bangun saya bersiap untuk pergi ke kampus J1 untuk bertemu teman dan ke perpustakaan. Setelah siap saya berangkat ke kampus sekitar pukul set 9 pagi. Saat di perjalanan menuju ke kampus saya melihat pelanggaran yang terjadi yaitu seorang pengendara yang tidak menggunakan spion di kendaraan sepeda motornya, itu salah karena pengendara tersebut bisa saja tertabrak saat akan berbelok karena tidak melihat spion. Seharunya pengendara tersebut menggunakan spion di kendaraanya karena mengingat pentingnya penggunaan spion saat di perjalanan.
       
Setelah sampai di kampus saya lalu bertemu teman saya dan langsung menuju ke perpustakaan. Setelah semua urusan di kampus saya memutuskan untuk pulang. Saat perjalanan pulang sekitar pukul set 1 siang tidak ada pelanggaran yang terjadi sampai saya di rumah pun tidak ada hal yang terjadi. Sampai malam pun datang di sekitar rumah tidak ada hal yang terjadi dan saya pun akhirnya tidur.

Jum’at Tanggal 27 Oktober 2017
       
Pada hari ini saya bangun dari tidur saya pada jam sekitar jam 6 kurang 15 pagi. Saya lalu sholat subuh dan bersiap untuk sarapan dan berangkat menuju kampus. Hari ini saya kulaih di kampus J3 kalimas. Saat perjalan tidak ada hal yang terjadi, saya berangkat sekitar pukul setengah 8 pagi. Sesampainya di kampus saya belajar seperti biasa. Lalu saat istirahat saya makan siang terelebih dahulu sebelum shoalt jumat.
       
Setelah selesai sholat jumat saya kembali menuju kampus, saat akan menuju kampus saya melihat pelanggaran di perempatan bekasi timur yaitu pengendara sepeda motor yang melanggar lampu merah itu bisa terjadinya kecelakaan. Seharusnya pengendara tersebut menunggu dan sabar saat lampu lalu lintas sedang merah. Setelah itu saya menuju parkiran memarkirkan kendaraan saya kembali lalu menuju kelas dan kembali melanjutkan pelajaran. Saat perkuliahan selesai saya langsung pulang, dan di saat pulang tidak ada hal yang terjadi sampai saya di rumah, sampai larut malam pun tidak ada hal yang terjadi, lalu saya memutuskan untuk tidur.

Sabtu Tanggal 28 Oktober 2017
       
Hari ini saya bangun pada pukul 5 pagi, lalu saya langsung sholat subuh setelah sholat subuh saya kembali tidur lagi. Pada hari ini tidak ada perkuliahan di jadwal saya jadi saya bangun sedikit siang yaitu sekitar pukul 9 pagi, setelah itu saya makan, mandi  dan melakukan kegiatan yang lainnya. Saat di sore hari saya mendengar suara knalpot motor yang lewat di depan rumah saya yang sangat berisik, itu merupakan pelanggaran karena suara motor knalpot tersebut bisa mengganggu tetangga sekitar rumah. Seharusnya pengendara sepeda motor menggunakan knalpot yang standar saja. Malam pun tidak ada hal yang terjadi sampa larut malam pun dan saya memutuskan untuk tidur

Minggu Tanggal 29 Oktober 2017
        
Pada hari ini saya bangun dari tidur saya sekitar pukul 5 pagi, lalu saya sholat subuh terlebih dahulu, setelah sholat subuh saya tidur kembali. Begitupun hari ini tidak ada jadwal lab/praktek untuk kelas saya jadi hari ini dan kemarin bisa dibilang libur. Pada saat libur seperti ini saya banyak menghabiskan waktu di depan laptop saya yaitu mendengar music, menonton youtube, atau pun film dan juga anime.
     
         Sampai siang pun tiba saya memutuskan untuk keluar membeli makan dengan menggunakan sepeda motor, saat di jalan saya melihat banyak anak di bawah 17 tahun sudah membawa sepeda motor, itu salah karena anak di bawah umur 17 tahun belum di perbolehkan membawa motor karena tidak mempunyai SIM. Seharusnya orang tua dari si anak melarang anak tersebut membawa motor. Setelah membeli makan siang saya kembali ke rumah, setelah sampai saya langsung memakan makanan tersebut. Lalu malam pun tiba dan tidak ada hal yang terjadi di malam tersebut, sampai larut malam. Dan lalu saya memutuskan untuk tidur.

Senin Tanggal 30 Oktober 2017
       
Pada hari ini saya bangun dari tidur saya pada pukul set 6 pagi, lalu saya langsung sholat subuh dahulu. Setelah sholat subuh saya membuat susu untuk sarapan, setelah itu saya menyiapkan buku untuk di bawa hari ini untuk kuliah, setelah itu saya mandi dan bersiap siap untuk berangkat. Saat berangkat menuju kampus J1 tidak ada hal yang terjadi. Saat berada di kelas tepatnya saat pelajaran sudah dimulai ada beberapa anak yang terlambat, itu salah karena seharusnya mahasiwa tersebut sudah berada di dalam kelas sebelum pelajaran dimulai atau dosen sudah berada di kelas. Seharusnya mahasiswa datang lebih awal atau lebih pagi.
       
Saat isitirahat siang, saya memutuskan untuk membeli makan ke bawah ( karena kelas saya berada di lantai 6 ) . setelah membeli saya kembali ke ruang kelas saya, namun saat ingin makan dosen pelajaran saya yang kedua sudah masuk kelas jadinya saya tidak makan siang dahulu. Lalu setelah pelajaran kedua selesai, saya memutuskan untuk memakan makan siang saya yang tadi sempat tertunda. Setelah selesai makan saya membuang sampah makanan saya ke tempat sampah, namun di situ ada mahasiswa atau teman saya yang membuang sampah tidak pada tempatnya yaitu di pojok atau sudut belakang kelas, itu salah karena membuat kelas menjadi kotor, seharunya mahasiswa tersebut membuang sampah di tempat yang telah disediakan.
       
Saat pelajaran telah selesai semua saya memutuskan untuk pulang ke rumah. Saat perjalanan menuju rumah hampir terjadi sebuah tabrakan antara motor dengan motor, kejadian tersebut bermula saat motor ( berboncengan ) di depan saya ingin berbelok ke kanan dia memberikan lampu sein ke kanan, karena kosong dia lalu belok ke kanan namun di belakang saya terdapat seorang pengendara sepeda motor yang kencang dari arah kanan  yang tidak melihat ada pengendara yang belok ke kanan, di situ sang pengendara motor kencang tersebut hampir menabrak pengendara yang berbelok ke kanan, untung saja pengendara yang kencang tersebut masih dapat mengerem dan tabrakan pun dapat dihindarkan tapi tetap saja spion kedua pengendara tersebut bertrabakan. Dari kejadian tersebut dapat di simpulkan bahwa adanya pelanggaran yaitu pengendara motor yang kencang tersebut melebihi batas kecepatan motor yang dia kendarai, itu salah karena dia dapat membahayakan diri sendiri akibat terlalu kencang membawa sepeda motor. Seharusnya pengendara tersebut menjaga kecepatan kendaraannya agar tidak terlalu kencang.
       
Lalu setelah kejadian tersebut tidak ada hal atau kejadian lagi ketika saya sampai di rumah, sampai malam pun tiba tidak ada dan saya memutuskan untuk tidur.

Pentingnya etika dalam kehidupan sehari-hari

Kata etik (atau etika) berasal dari kata ethos (bahasa Yunani) yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat. Sebagai suatu subyek, etika akan berkaitan dengan konsep yang dimilki oleh individu ataupun kelompok untuk menilai apakah tindakan-tindakan yang telah dikerjakannya itu salah atau benar, buruk atau baik.

Dalam kehidupan sehari-hari etika sangatlah penting peranannya, karena dengan adanya etika maka dapat mengatur bagaimana manusia dapat bergaul atau bersosialisasi dengan sesamanya. Yang mendasari tumbuh kembangnya etika dalam kehidupan kita adalah agar perbuatan yang tengah kita jalankan sesuai dengan adat atau kebiasaan yang berlaku dan tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku.

Etika sangat mempengaruhi kehidupan manusia, karena dengan adanya etika membuat manusia berorientasi bagaimana ia menjalankan kehidupannya dalam tindakannya sehari-hari dan bisa membedakan  perbuatannya benar atau salah.

Tapi dalam kenyataanya etika perlahan-lahan mulai hilang seiring perkembangan jaman, coba kita lihat peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar kita banyak sekali persoalan yang melanggar etika, hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran manusia akan pentingnya etika. Hal inilah yang menyebabkan terjadi berbagai peristiwa yang melanggar moral.

Karena itu etika sangatlah penting kita terapkan dalam kehidupan kita agar kita bisa membedakan mana perbuatan yang baik dan mana yang buruk selain itu memberi batasan dalam pergaulan kita dengan sesama agar bisa  tercapai kehidupan yang aman dan tentram.Selain itu dapat menciptakan suasana hidup yang aman dan tentram.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar